Cara Backpacker Ke Pulau Derawan Untuk Pertama Kali

Pulau Derawan Indonesia

Pesona Kepulauan Derawan tidak bisa diragukan lagi. Keindahan gugusan pulau yang masuk dalam Provinsi Kalimantan Timur yang merupakan surganya para penyu ini sudah menarik minat wisatawan dari berbagai penjuru negeri, bahkan wisatawan asing juga sudah banyak mendengar tentang keindahan Derawan.

Karena letak dan akses menuju Derawan masih sulit, kebanyakan turis yang datang ke kepulauan Derawan pasti menggunakan jasa travel agent dengan biaya yang cukup mahal. Mahalnya biaya untuk berlibur di Derawan, tak serta merta menyurutkan niat kaum backpacker untuk mengunjungi kepulauan cantik ini. Banyak dari mereka yang mencari akal agar bisa mengunjungi Derawan dengan biaya seminimal mungkin, caranya adalah dengan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya. Sayangnya, banyak info yang ada di jagad internet salah kaprah sehingga akhirnya menyulitkan para backpacker itu sendiri.

Penyu Pulau Derawan

Memang benar akses ke Derawan bisa melalui Berau ataupun Tarakan, namun jangan sekali-kali mencoba untuk ke Derawan lewat Tarakan jika kalian hanya backpackeran dalam jumlah orang yang sedikit. Backpackeran ke Pulau Derawan melalui Tarakan hanya efektif jika kalian dalam rombongan besar atau dengan travel agent, karena kalau sudah terlanjur sampai Tarakan, kalian harus menyewa speedboat dengan harga yang cukup mahal jika hanya dibagi 2 orang. Harga sewaspeedboat kecil dengan kapasitas 4-5 orang sekitar Rp 4,5 juta, sedangkan untuk speedboatkapasitas besar yang bisa menampung 15 orang harga sewanya di atas Rp 8 juta.

Untuk itu, bagi kalian yang berniat ke Derawan dalam rombongan kecil, transportasi yang efektif adalah melalui Berau. Jadi jika kalian dari Jakarta, kalian bisa memilih flight Jakarta-Balikpapan-Berau. Dari Balikpapan menuju Berau menggunakan pesawat perintis kecil yang bisa ditempuh dalam waktu 30 menit. Memang harga tiket pesawat melalui Berau lebih mahal sekitar Rp 300.000 daripada melalui Tarakan, namun sampai Derawan jatuhnya biaya transportasinya jauh lebih murah.

Sebenarnya dari Balikpapan bisa melakukan perjalanan darat sampai ke Berau, namun tidak efektif karena akses jalan di Kalimatan masih belum baik, waktu tempuhnya bisa menjadi berhari-hari.
Dari Bandara Kalimarau di Berau, carilah taksi berupa kendaraan pribadi jenis Kijang atau Avanza menuju Tanjung Batu. Ongkos taksi dari Berau menuju Tanjung Batu sekitar Rp 70.000/orang, dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 2 jam. Harap diingat, transportasi jenis ini baru mau jalan ketika penumpang sudah penuh. Namun tidak perlu khawatir, berdasar pengalaman narasumber Wisata Hits, kebanyakan penumpang pesawat memiliki tujuan ke Derawan. Jadi biasanya setelah pesawat mendarat, taksi akan langsung penuh.

Dari Tanjung Batu bisa menggunakan speedboat kecil dengan tarif Rp 50.000 dan waktu tempuh sekitar 45 menit. SpeedBoat juga baru mau jalan setelah penuh, namun biasanya langsung penuh dengan teman-teman setaksi tadi.

Demikian tips transportasi ke Derawan dari kami, mudah dan hemat bukan? Selamat menjelajahi keindahan Kepulauan Derawan. Jangan lupa untuk mengabadikan momen terindah kalian dengan mengirimkan beberapa foto terbaik anda yang akan kami share di blog Wisata Hits.
Share on Google Plus

About Kalinyamat Web

Wisata Hits adalah sumber informasi wisata dan destinasi pilihan yang dirancang khusus untuk backpacker cerdas dan traveler yang haus akan informasi liburan murah.

2 comments:

  1. Ngiler pingin kesana :ng

    ReplyDelete
  2. Kamu mau ikut???. Tgl 19 ini aku kesana...ke berau..perjalanan dinas...

    ReplyDelete