Recent Posts

    Eksotisme Telaga Warna Dieng Plateau Wonosobo

    Telaga Warna

    Telaga Warna Dieng Plateau - Terletak 116 Km barat laut (sekitar 3 jam perjalanan) dari Yogyakarta, dan letaknya yang searah dengan Candi Borobudur membuat Dieng plateau menjadi satu destinasi yang wajib untuk dimasukkan ke daftar list perjalanan setelah mengunjungi Candi Borobudur.

    Dataran Tinggi Dieng yang terletak di wilayah Kabupaten Wonosobo menyajikan keajaiban alam yang cantik dan menarik, seperti wisata ekstrim di kawah vulkanik, budaya lokal nan eksotik, dan fenomena anak gimbal yang unik. Tercatat sebagai dataran tertinggi di Pulau Jawa, Dieng memiliki ketinggian rata-rata sekitar 2.000m di atas permukaan laut. Suhunya berkisar antara 15-20° C di siang hari dan 10° C di malam hari.

    Berbagai penginapan layak sudah banyak tersedia dengan harga yang relatif murah. Beberapa perusahaan perkebunan bahkan menyediakan penginapan dengan tambahan paket untuk berwisata di kebun dan pabrik pembuatan teh di Desa Tambi. Sebuah pengalaman yang sangat menarik untuk dicoba.

    Telaga Warna menjadi objek wisata yang wajib di kunjungi ketika kita mengunjungi Dieng. Sebuah telaga yang sering memunculkan nuansa warna merah, hijau, biru, putih, dan lembayung. Menurut kepercayaan warga sekitar Dieng, warna-warni tersebut dihasilkan telaga ini karena dulunya ada cincin keramat yang terjatuh ke dalamnya. Padahal, menurut ilmu pengetahuan, fenomena unik tersebut disebabkan oleh kandungan belerang yang tinggi sehingga tampak berwarna-warni saat tersiram sinar matahari. Tersedia juga pemandian air panas alami di sekitar Telaga Warna.

    Di dataran tinggi Dieng, juga terdapat beberapa komplek candi peninggalan agama Hindu, salah satu yang paling terkenal adalah Candi Arjuna.

    Sama seperti dataran tinggi lainnya, Dieng juga menawarkan keindahan matahari terbit, namun bedanya di Dieng kita tidak harus mendaki gunung berjam-jam yang melelahkan untuk bisa menikmatinya. Kita bisa menikmati golden sunrise Bukit Sikunir yang terkenal itu hanya dengan berjalan kaki kurang lebih 30 menit dari batas terakhir yang bisa dijangkau mobil. Jika berminat, wisatawan juga bisa melakukan aktivitas berkemah di Bukit Sikunir tersebut.

    Lengkapnya wisata yang ditawarkan dataran tinggi Dieng tentu menjadi tawaran yang menggiurkan untuk kita kunjungi. Tertarik mengunjunginya, selamat berlibur di akhir tahun.

    0 Response to "Eksotisme Telaga Warna Dieng Plateau Wonosobo"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel