Kriyan - Pusat Industri Perhiasan Monel Jepara

Kriyan Pusat Industri Perhiasan Monel Jepara
Selain mendapatkan predikat sebagai Kota Ukir, Kabupaten Jepara juga dijuluki sebagai Kota Kerajinan. Wajar saja, pasalnya beberapa desa di Jepara dikenal sebagai sentra penghasil kerajinan seperti tenun ikat, monel, anyaman rotan, dan mainan anak-anak. Di antara hasil kerajinan tersebut, seni kerajinan monel Jepara sudah dikenal di pasar dalam negeri.

Jika di Desa Celuk Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar Bali dikenal sebagai penghasil kerajinan perak, di Bumi Kartini, Desa Kriyan Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara dikenal sebagai sentra kerajinan monel.

Mengunjungi kota kelahiran pahlawan wanita RA Kartini, hasil kerajinan monel, seperti aksesoris dapat dijadikan buah tangan. Sebagian besar masyarakat Desa Kriyan berprofesi sebagai pengrajin aksesoris monel. Seperti cincin, gelang, kalung, bros, dan beragam aksesoris lainnya. - See more at: http://jaringnews.com/seleb/hangout/61818/kriyan-sentra-monel-jepara-ragam-perhiasan-tersedia#sthash.no0JReBK.dpuf
Berbicara tentang Kota Jepara, kabupaten yang terletak di pesisir utara pulau jawa ini selain mendapatkan predikat sebagai Kota Ukir, Jepara juga dijuluki sebagai Kota Kerajinan. Wajar saja, pasalnya beberapa desa di Jepara dikenal sebagai sentra penghasil kerajinan seperti tenun ikat, monel, anyaman rotan, roti dan kue, serta mainan anak-anak.

Di antara hasil kerajinan tersebut, seni kerajinan monel Jepara sudah dikenal di pasar dalam negeri.  Jika di Desa Celuk Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar Bali dikenal sebagai penghasil kerajinan perak, di Bumi Kartini, Desa Kriyan Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara dikenal sebagai sentra kerajinan perhiasan monel.

Sejak tahun 1988 Desa Kriyan dinobatkan sebagai pusat monel oleh pemerintah Kabupaten Jepara. Tapi saat itu belum ada satupun toko monel. Dulu yang banyak pengrajin rumahan, tapi sekarang toko monel sudah banyak. Sebagian besar masyarakat Desa Kriyan berprofesi sebagai pengrajin perhiasan monel. Seperti cincin, gelang, kalung, bros, dan beragam aksesoris lainnya.

Harga jual aksesoris perhiasan monel ini sangat berfareatif, mulai dari puluhan sampai ratusan ribu tergantung kemudahan dan kerumitan serta jenis desain yang dibuat. Anda bisa membeli secara ecer atau grosir.

Bagi wisatawan yang hendak mengunjungi sentra kerajinan monel Jepara untuk melihat hasil kerajinan monel, seperti aksesoris yang dapat dijadikan buah tangan tak perlu pusing mencari lokasinya. Sentra kerajinan seni monel Jepara berada di jalur provinsi penghubung Kabupaten Jepara dengan Kabupaten Kudus dan Kota Semarang. Tepatnya di Jl. Goa Kencana, Desa Kriyan Kecamatan Kalinyamatan. Berikut peta lokasi sentra industri kerajinan monel

Share on Google Plus

About Prasetya Adhi Wibowo

Wisata Hits adalah sumber informasi wisata dan destinasi pilihan yang dirancang khusus untuk backpacker cerdas dan traveler yang haus akan informasi liburan murah.

2 comments:

  1. Info menarik dan bermanfaat. Saat ini, Perhiasan Nama Cantik seperti Perhiasan Kalung Nama, Gelang Nama, dan Cincin Nama sedang menjadi trend baru di kalangan remaja. Jika Anda tertarik ingin membuat Kalung Nama, Gelang Nama, dan Cincin Nama, silakan KLIK DISINI>>Perhiasan Nama.

    ReplyDelete