Mulyoharjo - Pusat Kerajinan Ukir Jepara

 Seniman Mulyoharjo Jepara
Jepara memang terkenal sebagai daerah yang memiliki perkembangan yang sangat pesat di bidang seni ukirannya. Ini bisa dibuktikan dengan banyaknya seniman-seniman besar Indonesia yang lahir dari Jepara. Paling tidak mereka pernah belajar tentang kesenian di Jepara.

Salah satu desa yang akhirnya menjadi terkenal karena karya seninya adalah Mulyoharjo yang terletak di Kecamatan Jepara. Sejak zaman Wali Songo desa mulyoharjo sudah terkenal sebagai pusat kerajinan ukiran. Hingga saat ini penduduk di desa mulyoharjo mayoritasnya masih sebagai pengrajin ukiran kayu.

Jika kalian berkunjung ke Desa Wisata Industri Kreatif Mulyoharjo, kalian dapat dengan mudah menjumpai banyak galeri-galeri yang memajang dan menjual produk kerajinan ukiran yang dibuat oleh masyarakat Mulyoharjo. Barang yang dijual bermacam-macam, baik itu barang yang digunakan sebagai perabot rumah tangga seperti meja kursi, almari, bale bale, gebyok, patung ataupun berupa barang-barang yang memang dibuat sebagai hiasan rumah seperti pigura, rak buku ataupun patung hewan yang paling banyak diincar wisatawan. Harga yang ditawarkan bervariasi tergantung ukuran dan tingkat kesulitan pembuatan.
Patung Hewan Ukiran Jepara
Soal kualitas, ukiran hasil kerajinan dari Mulyoharjo tidak perlu diragukan lagi. Kualitas ukiran Mulyoharjo sudah teruji selama puluhan tahun. Sejak kecil penduduk di Desa Mulyoharjo sudah melihat bagaimana orang tua mereka membuat kerajinan ukir. Bahkan tak sedikit hasil kerajinan Mulyoharjo yang diekspor ke berbagai negara.

Jika kalian ingin melihat proses pemahatan dan pengukiran, kalian bisa melihat berbagai workshop yang ada di Desa Mulyoharjo. Biasanya terdapat di belakang galeri-galeri. Tapi jangan sampai mengganggu proses pengukiran ya. Kecuali sang pengrajin memang sudah mengijinkan pengunjung untuk turut mencoba membuat kerajinan ukir dari kayu ini.

Lokasi dan transporatasi ke Desa Mulyoharjo, Jepara



Desa Wisata Mulyoharjo terletak sekitar 6 km menuju keutara dari Alun-alun Jepara atau sekitar 10 menit berkendara. Jika menggunakan kendaraan umum kalian bisa menggunakan angkutan umum dengan rute menuju Kecamatan Mlonggo.
Share on Google Plus

About Prasetya Adhi Wibowo

Wisata Hits adalah sumber informasi wisata dan destinasi pilihan yang dirancang khusus untuk backpacker cerdas dan traveler yang haus akan informasi liburan murah.

2 comments:

  1. Aku dua minggu kemarin lewat sini terus, tapi kok yo lupa mau ngeliput :-( Aku agendakan januari ke sini hehehhhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, mongo mas, banyak hal menarik yang mesti kita explore tentang jepara, tak hanya pantai, coba kita sisir daerah jepara timur, baik kecamatan keling dan nalumsari, daerah jepara atas kawasan lereng gunung muria, banyak hal-hal unik yang menarik untuk diceritakan

      Delete