Eksotisme Pulau Mahoro Kabupaten Sitaro

Pulau Mahoro Kabupaten Sitaro

Eksotisme Pulau Mahoro Kabupaten Sitaro - Pulau Mahoro terletak pada koordinat 2 45' 56" LU 125 24' 13" BT termasuk dalam perkumpulan pulau-pulau kecil dalam kluster Buhias. Untuk mencapainya membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit dengan speedboat dari Kota Ulu, Pulau Siau plus 4 jam dengan kapal cepat untuk wisatawan yang bergerak dari Kota Manado.

Pulau mahoro bisa dibilang seperti adik kembarnya si Raja Ampat di Papua. Selain cocok untuk wisata dan diving lokasi ini juga cocok untuk mereka yang senang hunting foto atau yang menginginkan lokasi prewedding yang berbeda.

Keindahannya terdapat pada keunikan aneka ragam wisata bahari dan situs dari cerita sejarahnya. Keindahannya itu bukan hanya di daratan pulaunya tetapi juga pada view bawah laut (underwater) di sekitar bibir pantai. Tak salah jika setiap wisatawan yang bisa mengapai lokasi ini menyebutnya sebagai 'surga baru dunia pariwisata di dunia.'

Hamparan pasir putih mungkin sudah biasa tapi tidak untuk 'paket nirwana' yang ada di Pulau Mahoro. Di pulau ini terdapat pantai pasir putih dengan air biru yang jernih, dangkal dan tidak berarus sehingga tidak menakutkan untuk dijadikan lokasi mandi bagi siapapun termasuk anak-anak.

Terumbu karang sudah bisa ditemui pada kedalaman lebih dari 1 meter dilokasi ini. Lokasi itu berjarak hanya sekitar 3 meter dari bibir pantai Pulau Mahoro.

Untuk lokasi diving (dive spot) di lokasi ini pun ada beberapa dan hampir semua sisi pulau ini cocok dijadikan lokasi snorkling. Banyak yang belum tahu tentang lokasi ini. Saya yakin jika para dive master pasti akan terkagum-kagum jika sudah melihat keindahan bawah laut di sekitar Pulau Mahoro ini.

Semua jenis biota laut ada di lokasi ini. Warga setempat meyakini ikan purba (coelacanth) pun hidup bebas di dalam laut sekitar Pulau Mahoro. Belum sampai disitu, dikawasan ini pula setiap bulan purnama ada banyak penyu yang akan bertelur.

Di Pulau Mahoro ini juga terdapat sebuah gua batu yang menjadi lokasi produksi sarang burung walet scara alami tentunya.

Selain burung walet, ada banyak kelelawar yang lalu-lalang di sekitar gua alam yang terdapat di sisi kiri pulau ini. Didalam gua tersebut, jika air surut ada semacam pantai pasir putih buatan dan diatasnya itu tempat burung Walet menghasilkan sarangnya yang sekarang bernilai 15 juta per kilogram.

Pasir Putih Pulau Mahoro

Bagaimana cara ke Pulau Mahoro?

Jika sobat Wisata Hits tertarik ke Pulau Mahoro, tak perlu binggung. Jika Anda dari Kota Manado maka naiklah kapal cepat dari Pelabuhan Manado di Calaca. Kapal cepat beroperasi setiap hari kecuali hari minggu.

Berangkat dari Manado setiap pukul 09.00 Wita dan tiba di Pulau Siau sebagai lokasi ibukotamadya Sitaro sekitar pukul 12.00 Wita. Harga tiket Rp 100 hingga 200-ribuan. Ada juga kapal penumpang yang berangkat sore dengan harga tiket Rp 60-100ribuan.

Empat jam perjalanan dan mampir 15 menit di Pelabuhan Tagulandang sebelum ke Pulau Siau. Anda pasti perlu lokasi penginapan. Di Kota Ulu atau Ondong Anda bisa menemukan penginapan seperti Hotel Jakarta atau Penginapan Une Welly dengan tarif Rp 80 ribu hingga 200-an per hari. Untuk transportasi di daratan pulau Siau misalnya dari pelabuhan ke penginapan bisa menggunakan angkutan umum atau jasa ojek. Tarifnya berkisar Rp 5000 untuk jarak dekat dan Rp 20 ribu per orang untuk jarak jauh. Jangan lupa nego sebelum memakai jasa transportasi.

Untuk mendapatkan speedboat, Anda hanya perlu meminta dipesankan pihak penginapan sebab setiap penginapan punya akses untuk mendapatkan alat transportasi. Untuk ke pulau Mahoro biaya sewa speedboat Rp 450-600 ribu per hari. Anda yang ingin mendapatkan liburan spesial di pulau yang seperti nirwana ini? Coba saja datang dan camping di Pulau Mahoro.

Ingin informasi lebih lanjut tentang lokasi wisata yang satu ini bisa menghubungi Dinas Budaya dan Pariwisata Sitaro yang berlokasi di Kota Ondong, Sitaro atau hubungi jasa guide lokal di Hotel Jakarta telepon 0432-310310 atau 085240076802.
Share on Google Plus

About Wisata Hits

Wisata Hits adalah sumber informasi wisata dan destinasi pilihan yang dirancang khusus untuk backpacker cerdas dan traveler yang haus akan informasi liburan murah.

0 comments:

Post a Comment