Jelajahi Wisata Alam Biak, Papua

Wisata Pulau Biak - Papua itu sangat luas dan sangat banyak ragam budaya dan adat istiadatnya. Bagi kami papua adalah serpihan surga dunia yang berada di bagiam timur negara kesatuan republik indonesia dan tempat dimana mata dunia terarah untuk melihat keindahan dan keunikan alam papua.

Salah satunya adalah pulau biak Kabupaten ini merupakan gugusan pulau yang berada di sebelah utara daratan Papua dan berseberangan langsung dengan Samudera Pasifik. Sebagai salah satu tempat yang strategis dan penting untuk berhubungan dengan dunia luar terutama negara-negara di kawasan Pasifik, Australia, dan Asia.

Letak geografis ini memberikan kenyataan bahwa posisinya sangat strategis untuk membangun kawasan industri, termasuk industri pariwisata. Bagi kalian yang suka jalan-jalan, menjelajah pulau dan hobi berwisata, cobalah untuk pergi ke tempat yang satu ini guna melihat keindahan alam bawah lautnya. Banyak sekali yang akan kita temui disana, karena menurut penelitian, setidaknya ada 155 spesies ikan dan 95 koral dan terumbu karang yang ada disini merupakan yang terindah di dunia.

Kepulauan Padaido

Kepulauan Padaido

Kepulauan Padaido merupakan sebuah gugusan pulau terdiri dari 31 pulau, 10 diantaranya berpenghuni. Dibagi menjadi 2 bagian, Padaido Atas dan Padaido Bawah memiliki hamparan pasir putih dengan panorama laut yang mengagumkan. Mereka dibidik oleh para diver mancanegara sebaga salah satu daerah untuk menyalurkan hasrat diving atau olahraga air lainnya selain Bali dan Karimun Jawa, Jepara, yang populer akan keindahan bawah lautnya.

Di sepanjang gugusan kepulauan ini ada beberapa objek wisata bahari yang layak dijadikan destinasi para pecinta diving atau wisatawan, seperti Pulau Pakreki yang menjaid pembatas antara Padaido Atas dan Padaido Bawah. Untuk mencapai ke pulau ini butuh waktu satu jam dari Tip Top. Dengan kondisi terumbu karang yang masih baik dan bentangan pulau pada bagian utara dan timur yang memiliki pantai yang landai, merupakan tempat yang cocok untuk snorkeling. Sementara para diver memilih bagian baatnya karena memiliki pantai yang curam, dinilai bagus untuk diving.

Pulau Dauwi

Pulau Dauwi

Di pulau ini terdapat pondok wisata yang telah dibangun oleh masyarakat setempat untuk digunakan wisatawan menikmati suasana tenang dan hening sambil mengamati panorama matahari terbit dan tenggelam. Wisatawan juga bisa bermalam dengan menginap di pondok wisata yang telah disediakan. Menjelang senja, segeralah pergi ke sebelah timur pulau ini menuju Pulau Samakur, karena anda akan ditakjubkan dengan pemandangan cantik yaitu pergantian burung siang dengan burung malam yang terjadi di kala matahari hendak tenggelam. Pemandangan itu memang menjadi salah satu objek yang selalu ditunggu oleh wisatawan.

Pualau Owi

Pulau Owi

Memang belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan pulau ini. Hal ini dikarenakan lokasinya yang terpencil di Kawasan Biak Timur, Papua. Padahal pulau ini menyimpan banyak sekali destinasi yang pastinya sangat menarik. Ya, keindahan bawah laut Pulau Owi menjadi salah satu daya pikat untuk para traveler. Bagaimana tidak, pulau yang masih termasuk Kepulauan Padaido ini berada di tempat yang sangat strategis. Keasrian Pulau Owi pun di kelilingi oleh tiga taman laut sekaligus, yaitu Padaido, Pulau Rani-Mapia, dan Pulau Meos Indi.

Goa Lima Kamar

Goa Lima Kamar

Sesuai dengan namanya, goa ini memiliki lima rongga atau kamar yang diduga dipakai oleh tentara Jepang sebagai tempat penyimpanan obat dan perawatan, karena masih terdapat sisa-sisa dan bekas obat-obatan. Waktu yang tepat untuk mengunjungi goa ini sebaiknya siang hari karena masih terang sehingga jelas untuk melihat keadaan sekitar. Kita juga bisa lebih leluasa melihat stalagnit yang indah dan mempesona.

Untuk dapat masuk kedalam goa, kita harus sedikit merangkak, setelah berada didalamnya baru bisa berdiri hanya musti hati-hati. Selain terjal dan licin, usahakan kepala anda tidak menyentuh bagian atas goa, bisa bocor kalau kena soalnya tajam-tajam karangnya.

Didalam Goa, kita bisa melihat peninggalan tentara jepang seperti botol obat-obatan, sisa-sisa masker (sayang nga hanya bisa lihat sisanya aja, yang lainnya dicuri untuk dijual), sumur mata air yang sangat jernih airnya dan tempat pengintai.

Pintu masuk Goa juga sebagai tempat pintu keluar, didalam kita harus berjalan beriringan soalnya sempit dan tempatnya terjal, selain itu ada lorong kecil yang hanya bisa dilalui jika posisi badan kita menyamping.

Pantai Kakur

Pantai Kakur

Melewati wilayah Desa Kakur menuju Tanjung Barari, anda akan mendapatkan panorama yang sejuk dan indah. Jika menggunakan pribadi sebaiknya jalan perlahan sambil siap sedia dengan kamera menangkap pesona laut dan kehidupan sosial masyarakat desanya. Disepanjang jalan, anda akan melewati hamparan pasir putih dan air lautnya yang berwarna hijau jernih, sisi yang lainnya adalah pemukiman masyarakat dengan bentuk dan bangunan rumah yang cukup sederhana tapi tertata sangat rapih.

Cukup sampai sini jelah alam biak, sangat indah, sebenarnya masih banyak yang patut di jelajahi, tapi karena keterbatasan waktu cukup sampai disini dan kalo ada waktu bakal kami sambung lagi liburan di biaknya. ayo ke biak papua, temukan serpihan surga dunia di sisi timur indonesia yang bakal membuatmu tercengang akan indahnya ciptaan tuhan. 
Share on Google Plus

About Wisata Hits

Wisata Hits adalah sumber informasi wisata dan destinasi pilihan yang dirancang khusus untuk backpacker cerdas dan traveler yang haus akan informasi liburan murah.

0 comments:

Post a Comment