Recent Posts

    Wisata Paling Hits di Sumenep Madura

    Halo sahabat hits, kali ini kita bakal ubek-ubek kota sumenep nih, apa saja yang menarik di sebuah kota yang ada di pulau Madura ini, berikut liputannya. untuk lebih jelasnya kami akan sedikit menceritakan tentang sumenep. Bagi teman-teman yang belum tau kota ini, mari simak dengan seksama.

    Sumenep adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 2.093,45 km² dan populasi 1.041.915 jiwa. Ibu kotanya adalah Kota Sumenep. Daerah ini terletak di Pulau Madura. Di kota ini terdapat beberapa bangunan bersejarah yang erat hubungannya dengan Karaton (Kerajaan) Sumenep pada masa lampau, antara lain: Asta Tinggi Sumenep (makam raja-raja dan keluarganya), Karaton Sumenep (istana, saat ini terletak di kompleks kediaman resmi Bupati Sumenep), Benteng Kali Mo'o (saat ini hanya tersisa pagarnya), Taman Sare(dahulu kolam pemandian di kompleks istana, saat ini terbuka untuk umum).

    Dibalik itu semua ternyata Sumenep mempunyai tempat wisata yang cukup hits di Kalangan sabahabat traveler. berikut wisata paling hits di sumenep madura yang wajib anda jelajahi.

    Museum Keraton Sumenep

    Museum ini terletak di Jl.Dr. Sutomo, No.6, Sumenep kode pos 69416, Jawa Timur. Museum ini termasuk museum umum yang di selenggarakan oleh pemerintah kabupaten. Awalnya bangunan museum ini berfungsi sebagai Kantor Raja, sekitar tahun 1762, namun mulai difungsikan sebagai museum sejak 9 Maret 1965. Bangunannya dibuat di atas lahan seluas 8.500 m2 dengan satu lantai saja dengan luas bangunan keseluruhan mencapai 2.000 m2. Dasar pendirian museum adalah Kepres RI No. 71 Tahun 1964, Penetapan Presiden RI No. 16 Tahun 1959, Kep. Bupati KDH No. 0242/D/a/IV-65, nomor akte notaris Kep. Bupati KDH No. 0212/D/a/IV-65. Status kepemilikan tanahnya masih hak pakai/sewa. Untuk memperoleh informasi yang lebih lengkap bisa langsung telepon ke (0328) 667148 atau melalui faksimili dengan nomor (0328) 672617. Selain itu informasi tentang museum keraton juga bisa diakses melalui internet dengan alamat web site atau bisa juga menggunakan surat elektronik ke alamat kadisparta@sumenep.go.id. Museum ini memiliki 480 koleksi yang digolongkan dalam beberapa jenis.

    Pantai Lombang Sumenep

    Pantai Lombang

    Pantai Lombang adalah salah satu pantai yang terletak di kabupaten Sumenep, Madura. Pantai ini tepatnya terletak di sebelah timur Sumenep, kira-kira 25km dari Kota Sumenep tepatnya di Kecamatan Batang-Batang. Pantai Lombang merupakan salah satu wisata alam unggulan di Kabupaten Sumenep.
    Di pantai ini, selain deburan ombak yang cukup tenang dan pasir putih yang sangat halus, para pengunjung juga akan disuguhi dengan rimbunnya pohon cemara udang yang berjajar mengikuti garis bibir pantai.

    Hamparan pasir putih dan rimbunnya pohon cemara udang yang membentang sepanjang 12 km nampak bagaikan taman raksasa. Pantai Lombang merupakan salah satu pantai utara di pulau Madura yang ombaknya cukup tenang dan airnya nampak jernih membuat kesan eksotis dan menentramkan bagi pengunjung. Lokasinya mudah dijangkau baik dengan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Berjarak sekitar 30 kilometer sebelah timur Kota Sumenep.

    Pantai Slopeng Sumenep

    Pantai Slopeng

    Pantai Slopeng merupakan salah satu Pantai Utara di Sumenep selain Pantai Lombang, Pantai ini terletak di Kecamatan Dasuk, 21 km dari Pusat Kota Sumenep. Pantai ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu hamparan Pasirnya yang cukup menggunung berhias pohon siwalan, pohon kelapa dan juga cemara udang, sehingga para wisatawan dapat menikmati keindahan laut pantai utara Madura ini dari bukit-bukit yang tergolong landai ini.

    Suasana tenang dan nyaman akan Anda dapatkan. Dengan lambaian pohon-pohon kelapa, nuansa pantai yang khas sangat terasa. Puas bersantai, saatnya bermain air. Air laut di Pantai Slopeng berwarna jernih dan bersih.

    Arus lautnya pun cukup tenang, jadi tak perlu takut diterpa arus yang kuat. Anda dapat menikmati lautan yang biru dengan pemandangan langit yang luas. Dengan tenangnya suasana, Anda akan betah berlama-lama menikmati pantainya.

    Pesona Pantai Slopeng akan bertambah saat senja tiba. Ada sunset yang berwarna keemasan menyinari hamparan pasir putihnya. Bayangan Anda akan terlihat jelas saat berdiri di pantainya dengan disinari cahaya sang senja yang tenggelam.

    Untuk menuju Pantai yang satu ini para wisatawan bisa melewati beberapa akses jalan pantai Utara Kab. Sumenep. Akses tersebut bisa dilalui dari Pantai Lombang - Legung - Pantai Slopeng lewat jalan by pass yang sedang dibangun oleh pemerintah. atau bisa juga bisa melalui jalur Sumenep - Ambunten - Pantai Slopeng.

    Pantai slopeng terletak sekitar 21 km dari Kota Sumenep ke arah Utara. Untuk mencapai lokasi, wisatawan dapat memanfaatkan angkutan umum, persewaan mobil, atau menyewa ojek dengan waktu tempuh sekitar satu jam perjalanan. Bila Anda berdomisili di luar Pulau Madura, Anda dapat melewati jembatan suramadu menuju Kota Sumenep.

    Pantai Badur Sumenep

    Pantai Badur

    Pantai ini terletak ± 31 km arah dari pusat kota Sumenep dan berada di tengah – tengah pantai Slopeng dan Pantai Jangkong. Pantai ini dihiasi dengan hamparan pasir dan pohon cemara serta bebatuan karang di pinngir pantai. Di sekitar pantai juga terdapat sumber air tawar yang mengalir ke laut. Bahkan, sebuah Gua Badur yang lokasinya dibibir pantai membuat betah pengunjung.

    Untuk mencapai lokasi ini wisatawan dapat menempuh jalur kecamatan batu putih sambil melihat pembuatan batu bangunan atau Penambangan batu putih.

    Kepulauan Kangean (Island Resort)

    Pulau Kangean

    Deretan pulau di Timur Pulau Madura tersebut bak gadis berbanjar menari ini di sebut Kepulauan Kangean. Julukan tersebut ada karena gugusan pulau yang terbesar adalah Kangean.
    Selain itu masih ada lagi gugusan pulau di sekitarnya, yakni: Pulau Sapudi, Pulau Ra'as, Pulau Puteran, Pulau Gili Labak, Pulau Giliyang, Pulau Raja, sehingga Pemerintah Kabupaten Sumenep menyebut kawasan kepulauan tersebut sebagai objek wisata Island Resort. Gugusan Kepulauan yang dijadikan objek wisata tersebut menawarkan birunya laut yang jernih, lekuk pantai danterumbu karang yang masih terjaga serta kesunyian yang menenangkan.

    Pulau Gili Labak Sumenep

    Pulau Gili Labak

    Gili Labak adalah sebuah pulau mungil yang terletak di sebelah timur kota Sumenep dan termasuk daerah bagian dari kecamatan Talango. Pulau ini terkenal dengan keindahan panorama alam yang dikelilingi hamparan pasir putih bersih dan air laut yang jernih. Dikatakan pulau mungil karena luas Gili Labak hanya sekitar 5 hektare. Sepintas, pulau ini seperti tidak berpenghuni tapi sesungguhnya disana terdapat sekitar 35 kepala keluarga yang merupakan penduduk asli pulau Gili Labak. Hanya butuh waktu sekitar 30 menit untuk mengelilingi pulau ini dengan jalan kaki. Hampir semua hal di pulau ini masih alami dan tradisional seperti tidak adanya alat transportasi selain perahu.

    Pulau ini sangat cocok untuk anda yang berjiwa adventure dan gemar exploring wisata alam. Di pulau ini anda juga akan menemukan ketenangan yang tiada tara dan belum pernah anda temukan sebelumnya. Hal ini dikarenakan mayoritas penduduk di pulau tersebut adalah nelayan, sehingga di siang hari mereka berlayar untuk mencari ikan. Kondisi inilah yang membuat anda merasakan sensasi yang berbeda, dengan kata lain serasa berada di pulau milik sendiri atau pulau pribadi. Sealain itu, di pulau ini juga menawarkan keindahan laut yang tidak kalah menariknya. Jadi beberapa meter sebelum anda sampai di pulau ini, anda akan disuguhi dengan pemandangan bawah laut yang sangat indah dengan hiasan terumbu karang yang eksotis dan berbagai ekosistem laut seperti bintang laut, ikan Nemo dll. Selain itu, disini wisatawan juga bisa berenang atau mungkin snorkeling dengan ditemani ombak yang tenang.

    Untuk menuju Gili Labak wisatawan bisa menggunakan jasa sewa perahu (carter), karena tidak ada trayek reguler untuk penyeberangan ke Gili Labak. Harga carter perahu berkisar antara 500-800 ribu rupiah sekali carter (PP). Dan dapat dilalui dengan 2 cara, yang pertama wisatawan bisa langsung berangkat melalui pelabuhan Kalianget menuju Gili Labak yang memakan waktu skitar 2,5 jam perjalanan laut dan yang kedua adalah wisatawan dapat berangkat melalui pulau Talango yang memakan waktu relatif lebih singkat sekitar 1 jam menuju Gili Labak. Ketika anda memutuskan untuk berwisata ke Gili Labak, disarankan agar anda mempersiapkan segala kebutuhan seperti makanan dan minuman secukupnya karena seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa di pulau ini segala sesuatunya masih tradisional.

    Ingin berwisata dengan menikmati sensasi adventure di pulau mungil nan eksotis tanpa ada gangguan wisatawan lain??? Gili Labak is the best choice!!! Have a nice trip. Nah itulah beberapa wisata di Sumenep yang wajib sahabat Hits kunjungi, di Jamin gak bakal nyesel. Sekian episode Kota Sumenep.

    0 Response to "Wisata Paling Hits di Sumenep Madura"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel