Recent Posts

    Liburan Asyik di Kabupaten Kerinci, Jambi

    Kabupaten Kerinci adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jambi, Indonesia. Kerinci ditetapkan sebagai Kabupaten sejak awal berdirinya Provinsi Jambi dengan pusat pemerintahan di Sungai Penuh. Pada tahun 2011, pusat pemerintahan berpindah ke Siulak. Di kabupaten kerinci terdapat 12 kecamatan. Nama kerinci berasal dari bahasa tamil yaitu kurinji, yang merupakan nama bunga yang tumbuh di daerah pegunungan india selatan.

    Berikut ini tempat wisata populer dan terkenal yang wajib kita kunjungi saat berlibur di Kerinci :

    Taman Nasional Kerinci Seblat

    Taman Nasional Kerinci Seblat
    Pemandangan Taman Nasional Kerinci Seblat dari atas bukit

    Merupakan taman nasional terbesar yang ada di Sumatera Indonesia dengan luas wilayah sebesar 13,750 km persegi yang membentang ke 4 provinsi, yakni Sumatera Barat, Begkulu, Jambi dan Sumatera Selatan. Taman nasional yang terdiri dari Pegunungan Bukit Barisan yang mana memiliki wilayah dataran paling tinggi di Provinsi Sumatera, Gunung Kerinci. Ada cukup banyak flora dan fauna di taman ini, sekitar 4000 spesies tumbuhan, termasuk Rafflesia Arnoldi dan Titan Arum.

    Danau Kerinci dan Gunung Kerinci

    Danau Kerinci dan Gunung Kerinci
    Danau kerinci dengan background gunung kerinci yang memukau

    Danau Kerinci merupakan danau terbesar di Kabupaten Kerinci yang berada tepat di kaki Gunung Raja. Danau yang memiliki luas kurang lebih 5000 meter persegi serta ketinggian 783 m dari atas permukaan laut. Bila dibandingkan dengan danau lainnya, danau ini lebih mirip seperti kuali, memiliki permukaan datar yang hampir rata dengan tanah tepat di bagian tepiannya. Ada sawa yang membentang lebar yang konon merupakan tempat pemasok beras di Provinsi Jambi. Jika Anda beruntung, saat mengunjungi tempat ini, Anda akan menemukan sekelompok bangau putih yang cantik yang sedang terbang mencari makan di sawah. Danau Kerinci dilengkapi dengan acara tahunan, seperti Festival Danau Kerinci yang menyajikan atraksi kesenian budaya khas Kerinci, seperti tarian, silat, lagu daerah, dan pameran benda pusaka.

    Wisata Kerinci lainnya yang menarik selain Danau Kerinci adalah Gunung Kerinci. Dikenal juga sebagai Gunung Gadang, Kerinchi, Puncak Indrapura, Berapi Kurinchi merupakan gunung tertinggi yang terletak di Sumatra, dan gunung berapi tertinggi yang ada di Indonesia dan puncak paling tinggi yang terletak di Indonesia tepatnya di luar Papua. Gunung ini berada di Provinsi Jambi yang dikelilingi oleh hutan lebat yang dikenal sebagai Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan habitat alami dari harimau Sumatra serta badak Sumatra. Gunung berapi yang masih aktif, bertipe stratovolcano dan terakhir kali meletus di tahun 2009. Untuk pergi ke gunung ini, Anda bisa melalui rute daratan dari Jambi menunju Sungaipenuh melewati Bangko.

    Danau Gunung Tujuh

    Danau Gunung Tujuh
    Danau Gunung Tujuh Kabupaten Kerinci

    Merupakan danau yang terletak di ketinggian 1950 meter dari atas permukaan laut, danau yang terbentuk dari letusan Gunung Tujuh. Air dari danau ini menjadi sumber mata air dari beberapa tempat, seperti Air Terjun Gunung Tujuh, Sungai Batang Sangir dan Air Terjun Telun Berasap. Mitos yang berkembang di masyarakat mengatakan jika danau ini merupakan danau sakti yang diyakini telah lama dijaga oleh 3 makhluk halus yang menyerupai manusia yang selalu dikawal ileh pasukan setia yang menyerupai harimau.

    Melakukan perjalanan Wisata Kerinci kurang lengkap jika Anda tidak pergi mengunjungi keindahan Danau Kerinci, Gunung Kerinci, Danau Gunung Tujuh dan juga Taman Nasional Kerinci Seblat. Nikmati pemandangan alam yang masih segar dan alami dan lepaskan penat Anda, wisata di Kerinci bisa menjadi destinasi wisata terbaru saat Anda pergi ke Jambi.

    0 Response to "Liburan Asyik di Kabupaten Kerinci, Jambi"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel