Jepara, Surga Wisata Pesisir Utara Pulau Jawa

Jepara adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Jepara. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di barat dan utara, Kabupaten Pati dan Kabupaten Kudus di timur, serta Kabupaten Demak di selatan. Wilayah Kabupaten Jepara juga meliputi Kepulauan Karimunjawa, yang berada di Laut Jawa.

Kota kelahiran pahlawan emansipasi wanita, RA. Kartini ini terkenal akan kerajinan ukir yang mendunia dan juga kerajinan Perhiasan Monel yang merupakan industri kreatif andalan masyarakat jepara khususnya di kecamatan Kalinyamatan. Tak hanya itu di Jepara juga banyak ditemukan beberapa produk fashion seperti, Tenun Ikat di Troso, Batik Jepara di Slagi, Konveksi Baju di Sendang, Konveksi Celana di Bandungrejo, Konveksi Kerudung di Pendosawalan, Konveksi Bordir di Nalumsari, Perhiasan Emasan di Margoyoso. Produk fashion Jepara telah membanjiri Pasar Semarang, Surabaya, Bali, Jakarta, Palembang, dan lain-lain, jadi tak heran kalo Jepara juga mendapat predikat sebagai kota fashion.

Dari semua itu ternyata jepara juga mempunyai banyak keindahan alam yang tersembunyi dan menjadi kota wisata andalan jawa tengah. apa saja wisata yang ada dijepara, berikut akan kami ulas satu persatu.

Pantai Kartini

Pantai Kartini Jepara

Inilah tempat wisata di Jepara yang menarik bagi destinasi wisata keluarga. Berbagai wahana permainan anak-anak (komedi putar, mandi bola, perahu arus), dermaga, dan aquarium kura-kura dapat ditemukan di pantai Jepara yang satu ini. Lokasi pantai ini begitu strategis, terletak di antara rute perjalanan wisata Taman laut Nasional Karimunjawa dan Pulau Panjang.

Pantai Kartini merupakan pantai yang menjadi tempat bermain RA. Kartini semasa kecil bersama dengan saudara-saudarinya. Inilah sebab objek wisata di Jepara ini dinamakan sebagai Pantai Kartini untuk mengenang jasa pahlawan nasional Indonesia tersebut.

Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Pantai Kartini sebesar Rp 7 ribu per orang, belum termasuk tiket kendaraan roda dua, bis, dan roda empat. Di akhir pekan dan hari libur, harga tiket masuk pantai menjadi Rp 10 ribu per orang.

Di Pantai Kartini terdapat banyak keindahan dan bangunan seperti bangunan panggung yang biasa digunakan sebagi tempat band-band untuk konser. Selain itu juga ada bangunan yang berbentuk kura-kura raksasa yang dijuluki dengan Kura-kura Ocean Park (KOP). 

Bangunan ini terdiri dari dua lantai, lantai pertama berisi akuarium raksasa sedangkan pada lantai kedua terdapat audio visual 3D. Untuk masuk ke KOP anda cukup membayar tiket masuk Rp. 5000,-/orang pada hari biasa dan pada hari libur anda harus membayar sebesar Rp. 17.500,-/orang. 

Anda bisa melihat pantai kartini dari belakang bangunan kura – kura rakssa tersebut. Menarik bukan? Tempat ini sangat cocok untuk tempat berlibur anda dan tempat ini juga sangat bagus untuk hunting foto. Tetapi anda harus mengantri untuk mendapatkan foto pemandangan yang bagus dan indah, karena banyak juga para pengunjung yang ingin berpose atau mengambil background yang bagus.

Karimun Jawa

Siapa sih yang tidak mengenal gugusan kepulauan ini, yah betul. Karimun jawa merupakan kepualauan yang merupakan salah satu kecamatan yang ber-ibukota Jepara. Kecamatan yang menjadi tujuan utama para wisatawan lokal maupun mancanegara, apa saja keindahan yang terdapat dikarimunjawa?
  • Bukit Joko Tuo
Bukit Joko Tuo, paling asyik ketika kita menikmati sunset di sore hari, di bukit ini anda akan menemukan fosil ikan raksasa yg bernama ikan joko tuo, kerangka ikan yang cukup besar akan menemani sore anda sambil menunggu mentari senja.

Selain ditemani kerangka ikan raksasa, anda juga akan ditemani oleh berbagai flora dan fauna karimunjawa seperti burung-burung yang bisa menjadi objek tambahan anda untuk pengambilan foto . Selain kerangka ikan joko tuo juga ada Tasbih Raksasa yang terbuat dari batu yang beratnya mencapai 1000kg, anda akan merasa takjub dengan tasbih yang sebesar dan seberat itu. Tasbih ini murni ditemukan oleh salah seorang penduduk Karimunjawa.

Tasbih Raksasa Bukit Tuo

Dari bukit Joko Tuo, dapat terlihat landscap kota karimunjawa secara utuh dan juga pulau-pulau di sekitar karimunjawa, selain itu anda juga dapat menyaksikan keindahan matahari terbenam. Hamparan langit seolah menyatu dengan laut yang memantulkan sinar orange matahari senja. 
Melukis garis-garis bayangan gelap dan terang yang dilengkapi dengan corak bayangan perahu-perahu dengan arah yang sama atau berlawanan, ke timur atau ke barat. Menikmati lukisan sempurna ini bisa dengan sangat santai di pondokan-pondokan berukuran 2×2m menghadap ke arah laut. Angin yang semilir, pemandangan senja yang indah, bisa duduk dengan santai.

  • Bukit Love
Yang berikutnya adalah Bukit Lovemelihat pemandangan indah dari atas bukit menjadi suatu hal yang wajar di karimunjawa, namun ada salah satu perbukitan yang unik di karimunjawa yaitu bukit Love Karimunjawa. anda bisa melihat pemandangan yang indah dari bukit ini, jernihnya laut dan birunya awan tergambar jelas dari atas bukit, Bukit Love sendiri manjadi sangat unik ketika kita mendangar dari katanya yaitu bukit love, di bukit ini terdapat tulisan Love yang lumayan besar, anda dan pasangan anda wajib datang ke bukit ini untuk mengabadikan moment moment indah di karimunjawa.

Bukit Love

Lokasi Bukit love ini berada di desa jati kerep, karimunjawa. Jarak tempuh menggunakan motor sekitar 10 sampai 15 menitan dari pusat kota karimunjawa (alun-alun karimunjawa). biasanya lokasi bukit ini ramai dikala sore dan pagi, banyak warga sekitar ataupun wisatawan yang ingin melihat sunset maupun sunrise dari atas bukit love.

Ada beberapa spot untuk melihat sunset di bukit love ini, berposisi di atas bukit menjadi spot terbaik untuk melihat sunset karimunjawa selain di bukit joko tuo, bedanya kalau bukit joko tuo kamu harus jalan kaki tapi di bukit love ini motor atau mobil bisa langsung sampai lokasi. Tak hanya itu disini anda juga dapat mengabadikan momen terindah anda ketika berada di sangkar bukit love, anda dapat menikmati keindahan alam karimun jawa dari atas sini.

Jadi jika kamu datang ke karimun jawa apalagi datangnya sama pasangan, wajib mengunjungi bukit love ini.
  • Hutan Wisata Mangrove
Hutan mangrove yang dikelola balai taman nasional karimun jawa. di area ini wisatawan dapat jalan ( trecking ) di atas jalanan kayu. ada sebagian shelter untuk isthirahat, lantas dapat belajar perihal bakau sembari terus nikmati keindahannya.
Di wisata tracking hutan mangrove juga ada satu type yang telah langka didunia yakni schipiphora hydrophilaceae, waru laut atau malvaceae, mangrove getah atau luphorbiaceae, mangrove tingen atau rhizophoraceae, mangrove duduk atau combretaceae serta mangrove pedada lanang atau sonneratiaceae.

Di hutan wisata mangrove ditemukan 45 type spesies mangrove yang terhitung dalam 25 famili. dalam lokasi pelestarian ada 25 spesies mangrove sejati dari 13 famili serta 7 mangrove ikutan dari 7 famili. tengah di luar lokasi rimba, tetap ada 5 spesies mangrove ikutan dari 5 famili tidak sama. rimba mangrove di lokasi pulau karimunjawa serta kemujan didominasi type exoccaria agallocha tengah type yang penyebarannya sangat luas yaitu rhizopora stylosa.
  • Penangkaran Hiu
Penangkaran Hiu Karimun Jawa

Berenang dengan hiu yang berada dipulau Menjangan Besar. Pulau seluas 56 hektar ini memiliki 2 kolam penangkaran dengan kelompok-kelompok hiu yang sudah menunggu untuk anda ajak main bersama.

Letak Pulau Menjangan Besar sekitar 10 menit sebelah selatan Pulau Karimunjawa yang menawarkan wahana penuh dengan adrenalin dan menawarkan pengalaman wisata yang sangat luar biasa, yaitu kesempatan untuk berenang bersama ikan hiu!! Pengalaman tiada dua saat Anda berkunjung ke Karimun jawa, Jepara.

Pantai Tirta Samudra (Bandengan)

Pantai

Pantai ini terletak di desa Bandengan, Jepara, Pantai ini menjadi salah satu tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Pada musim liburan, pantai Bandengan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Sebutan nama Pantai Bandengan ini erat kaitannya dengan salah satu legenda asal usul kepulauan pulau karimunjawa, yand dalam legenda dikisahkan Amir Hasan putra Sunan Muria yang diperintahkan untuk pergi memperdalam dan sekaligus mengembangkan ilmu agama ke Kepulauan Karimunjawa. Ketika sampai di pantai ini, mereka menemukan banyak Ikan Bandeng sehingga wilayah itu dinamakan Desa Bandengan yang lantas pantainya biasa juga disebut sebagai Pantai Bandengan.

Pantai ini airnya jernih dan berpasir putih ini berjarak sekitar 7 KM dari pusat kota Jepara. Dahulu Pantai Bandengan ini dikelola warga sekitar, dan mulai tahun 1987 pengelolaannya di ambil alih oleh Pemerintah Kabupaten Jepara dengan tetap memprioritaskan pemberdayaan masyarakat setempat. Pantai ini cocok untuk menjadi tempat wisata pantai seperti berenang, banana boat, jet ski, berperahu, bermain voli pantai atau sekadar bersepeda di pinggir pantai.

Waterboom "Tiara Park"

Salah satu obyek wisata air di Jepara yang cukup dikenal adalah Water Boom “ Tiara park” yang berlokasi di desa Purwogondo Jepara. Meski wahananya tidak komplit seperti di WBL namun tempat ini bisa jadi sebagai obyek wisata alternative untuk kota sekitar Jepara.

Oleh karena itu selain warga Jepara sendiri obyek wisata air ini juga dikunjungi oleh warga sekitarnya. Ada yang datang dari kabupaten Demak, Kudus , Grobogan dan juga Semarang. Kadang juga ada pengunjung yang datang dari Surabaya, Yogyakarta dan Bandung.

Selain kolam renang obyek wisata air ini dilengkapi berbagai macam wahana, ada kolam untuk anak-anak, tangga terjun , mandi air mancur, flying fox, kolam arus , Motor ATV dan juga Bioskop 3 Dimensi. Sarana pendukung lainnya adalah panggung karaoke , kantin , musholla dan tempat parkir yang luas.

Bagi kota Jepara obyek wisata Water Boom “Tiara Park” menjadi salah satu tujuan wisata dan dikolaborasikan dengan obyek wisata belanja di tempat ini. Biasanya bagi pengunjung yang datang ke tempat ini akan ditawari dengan wisata belanja di seputaran Kecamatan Kalinyamatan.

Dengan naik kereta kelinci mereka diajak berkeliling kota Kalinyamatan dan mampir di sentra kerajinan monel di desa Kriyan dan juga berbelanja pakaian di Pass Mode desa Sendang . Sehingga mereka bisa membeli oleh-oleh khas dari Jepara.

Nah bagi pembaca yang belum pernah datang ke obyek wisata air ini bisa kunjung ke tempat ini. Untuk lokasinya di desa Purwogondo kecamatan Kalinyamatan kabupaten Jepara.

Dari kota Jepara , Kudus, Demak langsung ke pertigaan Masjid Purwogondo lalu ikuti papan nama dari pertigaan sekitar 400 meter.
Share on Google Plus

About Wisata Hits

Wisata Hits adalah sumber informasi wisata dan destinasi pilihan yang dirancang khusus untuk backpacker cerdas dan traveler yang haus akan informasi liburan murah.

1 comments:

  1. wahh keren banget foto fotonya kak, artikelnya juga enak untuk dibaca hehe


    cobain travelling ke dataran tinggi dieng : Paket Wisata Dieng dan penawaran terbatas Paket Wisata Dieng

    ReplyDelete