Cara Camping ke Karimun Jawa dari Yogyakarta

Karimun Jawa

Cara ke Karimun Jawa tanpa paketan - Memasuki bulan april sampai oktober merupakan bulan yang sangat cocok untuk anda berlibur di Karimun Jawa, Jepara, Jawa Tengah.

Backpacker kini menjadi salah satu gaya berpergian favorit bagi wisatawan. Dengan backpacker, Anda akan merencanakan perjalanan sendiri, mengatur budget sendiri, hingga menentukan pilihan sendiri ke mana Anda akan melangkah. Tapi ingat, ada banyak kesalahan yang biasa dilakukan bagi para backpacker pemula.

Sebenarnya, traveling itu nggak melulu mahal. Ada banyak cara untuk jalan-jalan murah. Menjadi backpacker atau berjalan-jalan ala backpacker yang merupakan salah satu cara untuk jalan-jalan murah. Sayangnya, masih banyak orang yang beranggapan jadi backpacker itu ribet karena semuanya harus diurusin sendiri.

Apa saja yang anda harus lakukan?

Rencanakan berapa lama kamu di Karimun Jawa. 

3 hari 2 malam merupakan waktu yang pas buat sahabat backpacker untuk travelling di Karimun Jawa. Selain bisa menikmati berbagai pulau, anda juga tidak memakan banyak waktu di Karimun Jawa karena yang pasti anda juga punya rutinitas yang tidak bisa di tinggal kelamaan. Usahakan pakai perdana Telkomsel selama di Karimun Jawa. biar anda bisa update sosial media. hehe

Siapkan peralatan Camping dan Bekal

Anda bisa membawa peralatan camping sesuai dengan kebutuhan anda, seperti Tenda, Materas, Nesting, Gas, Sleeping Bag, Cutter, dll. Dan jangan lupa membawa bekal sesuai dengan kebutuhan anda, seperti air mineral, P3K, Beras, minyak goreng, mie instan, sosis, kopi, piring plastik, pakaian selama 3 hari, dll. 

Cara ke Jepara dengan menggunakan Bus

Jika anda berasal dari Yogyakarta, anda mulai dari terminal Jombor bisa menggunakan Bus Patas yang menuju ke Semarang. ada 2 bus yang bisa anda naiki, yaitu Bus Nusantara dan Bus Ramayana. Harga tiket bus patas Rp.45.000 anda bisa membelinya di dalam bus, atau bisa membeli di agen PO. bus yang bersangkutan di dalam terminal Jombor.

Setelah anda berada di dalam bus, nikmatilah perjalanan anda dengan menikmati kota-kota yang bakal kalian lewati mulai dari Sleman - Magelang - Ambarawa - Ungaran - Semarang, perjalanan 4 jam. Anda harus turun di Terminal Terboyo Semarang. Sesampainya anda di Terminal Terboyo anda bisa naik bus ekonomi Semarang - Jepara. harga tiket bus Semarang - Jepara Rp.20.000 (Anda harus bilang ke Kondektur turun di Terminal Kota Jepara). Rute yang akan anda lewati adalah Terminal Terboyo - Demak - Jepara, perjalanan 1 jam. Sesampainya di Jepara anda harus turun di Terminal Kota Jepara.

Setelah anda berada di Terminal Jepara anda bisa naik becak menuju ke Pelabuhan atau Pantai Kartini. Atau anda bisa jalan kaki sekitar 15 menit dari terminal jepara ke pantai kartini, anda bisa menggunakan GPS (Gunakan Penduduk Setempat) untuk bertanya menuju pelabuhan kartini. Untuk harga becak Rp.20.000. ini kami rokemendasikan biar anda tidak capek jalan kaki.

Sesampainya anda di pantai kartini anda bisa menyewa Homestay selama 1 malam disana. Kami rekomendasian menginap di Home Stay Kota Baru lokasinya berada di dalam pantai kartini ini contact person nya 085 2266 22704 atau 0813 261 79699 dan PIN BBM 5B1C3E71. Berhubung jadwal keberangkatan kapal menuju karimun jawa adalah keesokan harinya. Anda bisa cek jadwal kapal disini. untuk kelas ekonomi kapal siginjai biasanya berangkat jam 07.00 WIB pagi harga tiketnya kisaran Rp.60.000, jadi anda harus bangun pagi agar tidak ketinggalan kapal. selama anda menginap semalam di Home Stay anda juga bisa menikmati suasana Kota Jepara, Jalan-jalan menuju Alun-alun Jepara atau belanja di Pusat Perbelanjaan Khas Kota Jepara yang namanya Shoping Center Jepara (SCJ). Jika tidak tau lokasinya anda bisa minta antar penjaga atau pemilik Homestay.
Jika anda bingung mau beli tiket kapal di pelabuhan kartini, anda juga bisa meminta bantuan penjaga atau pemilik homestay untuk membelikan tiket kapal yang akan anda naiki.

Keesokan Harinya anda menuju pelabuhan Kartini yg bersebelahan dengan pantai kartini, usahakan jam 06.00 WIB anda sudah berada di pelabuhan dengan membawa tiket kapal siginjai. Bergegaslah naik jika kapal sudah membuka pintunya dan carilah tempat duduk yang nyaman. Jika anda lapar di Kapal terdapat kantin yang menyediakan makanan ringan, kopi, rokok, dll. Perjalanan Jepara - Karimun Jawa akan memakan waktu yang cukup lama kisaran 4,5 - 5 jam. anda juga bisa tidur selama diatas kapal.

Setelah perjalanan 4,5 jam diatas kapal, anda akan melihat gugusan kepulauan yang cantik, yah itulah Karimun Jawa, sesampainya kapal bersandar di dermaga anda turun dan sampailah tujuan anda di Kecamatan Karimun Jawa. Disini akan banyak orang-orang yang sedang menunggu para wisatawan yang ikut paketan ataupun arus balik menuju ke Jepara dan kembali ke pulau jawa.

Sesampainya di pelabuhan karimun jawa, anda bisa berfoto ria di landmark atau tugu selamat datang di Karimun Jawa, jika sudah anda segera menuju ke pusat atau perkampungan karimun jawa dan segeralah cari penginapan disana. biasanya penginapan semalam antara Rp.50.000 - 100.000 per kamar. Nah disinilah anda harus pintar menawar harga, dan anda bisa meminta pemilik atau penjaga homestay untuk mencarikan kapal nelayan yang bisa anda sewa dan mengantarkan ke pulau yang anda akan jadikan tempat camping di keesokan harinya. Setelah semua beres, anda bisa jalan-jalan di karimun jawa, bisa menuju ke Bukit Joko Tuo, Bukit Love, Hutan Wisata Mangrove, Pantai Ujung Gelam, Pantai Batu Topeng, Legon lele, dll. anda bisa sewa motor perhari disana seharga Rp.75.000.

Untuk sewa harga kapal + nelayannya biasanya kisaran Rp.350.000 untuk antar anda ke pulau yang akan anda tuju dan menjemput anda di kesokan harinya, usahakan patungan sama teman anda biar irit. Kami rekomendasikan anda Camping di pulau Cemara Kecil, selain tempatnya bersih, disana terdapat gubuk penjual dikala pagi sampai sore. nah anda bisa kasih tips kemereka Rp.30.000 sebagai uang kebersihan. Ingat ya jagalah kebersihan!

Sebelum menuju kepulau yang anda jadikan camping saya sarankan untuk menyewa alat-alat snorkling, sperti kacamata snorkling, alas kaki buat renang, pelampung. anda bisa snorklingan di sekitaran pulau yang anda jadikan camping.
Pulau Cemara Kecil

Bermalam lah anda di pulau tak berpenghuni, hehe anda akan menikmati kelap kelip lampu rumah di pulau karimun jawa dari kejauhan dan suasana hembusan ombak kecil nan tenang, dan dinginnya angin malam yang membuat suana camping anda sangat indah. anda bisa membuat api unggun, dll.

Setelah keesokan harinya anda akan di Jemput kapal oleh nelayan yang sebelumnya kamu sewa. nah kalo bisa minta jemput jam 08.00 pagi, jangan lupa minta no.hp yg bisa di hubungi. terus anda minta antarkan ke pulau-pulau lainnya untuk snorkling lagi. Jangan lupa untuk menuju ke Pulau Menjangan besar dimana anda bisa berenang dan bercumbu dengan Hiu, disinilah anda bisa mengabadikan momen berenang bersama ikan hiu.

Setelah seharian mengelilingi berbagai gugusan pulau, anda kembali ke peginapan yg ada di Pulau Karimun Jawa. Di malam hari anda bisa menuju alun-alun Karimun Jawa untuk membeli oleh-oleh atau makanan khas Jepara / Karimun Jawa. 

Inilah hari terakhir anda bermalam di Karimun Jawa, pagi harinya anda harus pulang ke jawa. hehe
Sebelumnya anda harus cek jadwal Kapal Karimun Jawa - Jepara baik hari dan jam keberangkatan sesuai link yang saya bagikan diatas. biasanya kapal siginjai Karimun Jawa menuju Jepara jam 07.00 pagi. Jadi jam 06.00 WIB anda harus sudah di pelabuhan karimun jawa dan membeli tiket kapal. Harga tiket kapal sama seperti Jepara - Karimun Jawa.

Setelah menyeberang dan sampailah di Pelabuhan Kartini anda bisa naik becak atau jalan kaki ke Terminal Jepara. untuk menuju ke semarang, setelah di terminal terboyo semarang turunlah dan naiklah bus patas nusantara atau bus ramayana untuk menuju Yogyakarta. harga tiket sama seperti saat mau berangkat ke Jepara / Karimun Jawa.

Nah begitulah tips yang saya dapat bagikan ke sahabat Wisata Hits buat liburan ke Karimun Jawa, Jepara, Jawa Tengah. semoga bermanfaat. Selamat berlibur di Jepara, surga wisata pesisir utara JATENG.

Share on Google Plus

About Monsta Industries

Wisata Hits adalah sumber informasi wisata dan destinasi pilihan yang dirancang khusus untuk backpacker cerdas dan traveler yang haus akan informasi liburan murah.

2 comments:

  1. OKeee Mencoba browsing mencari Info Paket Backpacker Karimunjawa yang menyediakan Paket Wisata Karimunjawa Murah daftar agen wisata karimunjawa resmi & terpercaya Daftar Agen Wisata dan mau nyari barang-barang funiture HD Furniture Jepara

    ReplyDelete
  2. Thanks for sharing.. yuk bagi yang minat order tasnya, Sebelum kehabisan model2 yg lagi update,bisa kunjungi katalog kita di pabrik tas kita,..
    toko tas kita menyediakan banyak model tas yang bisa di pilih-pilih, pemesanan bisa partai besar maupun kecil dengan harga relatif murah

    NB : HATI2 DI PABRIK TAS JOGJA INI BANYAK TAS2 BAGUS dan KECE !!!

    Thank's.

    ReplyDelete