Hal yang wajib Anda lakukan saat liburan di Kota Sabang

Anda pasti sering mendengar nama kota yang satu ini, Sabang. Ya, ada di ungkapan “dari Sabang sampai Merauke”. Kota ini menjadi sangat unik karena merupakan kota paling timur yang ada di Indonesia, sekaligus menjadi ‘garis start’ dari Indonesia. Jika Anda ingin wisata Sabang yang seru, lakukan kelima hal di bawah ini, ya!

Snorkeling dan Diving di Iboih

Snorkeling dan Diving di Iboih
Iboih Kota Sabang
Sabang memiliki keindahan bawah laut yang sangat cantik, lho! Jadi, jangan lewatkan hari-hari di Sabang tanpa snorkeling atau diving, tepatnya di Iboih. Gampong Iboih adalah sebuah kawasan pantai yang memang terkenal dengan pemandangan bawah lautnya yang cantik. Terdapat 3 pantai cantik yang siap dikunjungi, yaitu Pantai Pulau Rabiah, Pulau Teupin Sirkui, dan Pantai Gapang. Tersedia juga penyewaan perlengkapan untuk snorkeling dan diving, lengkap dengan instrukturnya. Siap-siap untuk terkesima dengan kecantikan bawah laut Iboih!

Menapaki Titik 0 KM Indonesia

Titik 0 KM Indonesia
Tugu KM 0 Indonesia
Mengendarai banyak titik km di jalan tol adalah hal yang sangat biasa, namun menapaki titik 0 km di Indonesia, baru luar biasa! Sabang yang menjadi kota paling barat di Indonesia ini menjadi starting point alias titik 0 dari Indonesia, tepatnya di Tugu Km 0 yang terletak di jarak 29 km dari kota Sabang atau sekitar 1,5 jam berkendara. Serunya lagi, jika Anda mengunjungi tugu ini, Anda akan mendapatkan Sertifikat Km 0 yang membuktikan bahwa Anda pernah berada di titik 0 km Indonesia, lengkap dengan tanda tangan langsung oleh Walikota Sabang! Jangan lupa untuk mengabadikan momen titik 0 km Indonesia Anda dengan berfoto di tugu, ya!

Belanja Oleh-oleh Khas Kota Sabang

Oleh-oleh Khas Sabang
Dodol Khas Kota Sabang

Liburan tidak lengkap tanpa buah tangan atau oleh-oleh! Selain dokumentasi, oleh-oleh dapat menjadi pengingat bahwa Anda pernah memiliki liburan yang menyenangkan di Sabang. Nah, Anda bisa berbelanja oleh-oleh sepuasnya di Sabang, salah satunya di Piyoh Design yang terletak di Jl. Cut Mutia, no. 11, Kota Atas. Di ini, Anda bisa membeli berbagai bentuk cinderamata mulai dari kaos, tas, gantungan kunci, pin, boneka dan lain-lain dengan ciri khas kota Sabang. Selain itu, Anda juga bisa membeli oleh-oleh makanan berupa bakpia serta salak dari Sabang. Kedua oleh-oleh makanan ini dapat Anda beli di Pelabuhan Balohan.

Menyaksikan Sunrise dan Sunset

Sunrise dan Sunset Sabang
Pantai Anoi Itam
Sabang adalah kota yang sangat asyik karena Anda dapat menyaksikan baik matahari terbit maupun matahari tenggelam di sini dengan cantiknya! Anda dapat menyaksikan sunrise atau matahari terbit di Pantai Anoi Itam. Pemandangan matahari terbitnya sangat indah, salah satunya karena panorama pantainya sendiri yang cantik dengan terumbu karang, hamparan pasir hitam serta air lautnya yang jernih. Pantai Anoi Itam terletak di jarak 11 km dari pusat kota Sabang dan menjadi salah satu pantai di bagian timur Sabang. Sedangkan untuk matahari tenggelam, Anda dapat menyaksikannya di Sabang Hill. Dari sini, Anda dapat menyaksikan momen matahari tenggelam yang cantik, lengkap dengan panorama Teluk Sabang, lengkap dengan sekelompok lumba-lumba yang berenang jika Anda beruntung.

Mencicipi Kuliner Khas Kota Sabang

Kampung Kuliner Khas Kota Sabang
Kampung Kuliner Sabang

Tidak lengkap rasanya jika liburan tanpa mencicipi berbagai kuliner khas suatu daerah. Nah, kuliner khas yang ada di Sabang di antaranya adalah rujak buah Pulau Klah, mie jalak dan sate gurita. Mencicipi kuliner khas dapat dijadikan salah satu alternatif wisata Sabang. Rujak buah Pulau Klah adalah rujak buah yang segar dan disebut dengan Pulau Klah karena Anda dapat mencicipnya dengan melihat pemandangan ke arah Pulau Klah, dengan lautnya yang biru dan hijau. Mie jalak adalah sebuah hidangan mie yang sudah menjadi resep turun temurun bahkan sejak zaman Belanda dahulu. Sedangkan sate gurita adalah sate yang menggunakan daging gurita yang lembut serta bumbu yang meresap hingga ke dalam, dan tentunya memiliki rasa yang lezat.

Wisata Sabang sangat seru dan menyenangkan, kan? Jadi, jangan sampai melewatkan hal di atas tadi, ya!
Share on Google Plus

About Monsta Industries

Wisata Hits adalah sumber informasi wisata dan destinasi pilihan yang dirancang khusus untuk backpacker cerdas dan traveler yang haus akan informasi liburan murah.

0 comments:

Post a Comment